Selasa, 29 September 2009

PENGALAMAN SENI KETIKA LEBARAN

PENGALAMAN SENI KETIKA LEBARAn
Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika libur lebaran khususnya dibidang seni dan budaya.Pada lebaran kali ini saya rasa sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena ditahun-tahun sebelumnya saya tidak ikut serta dalam tradisi yang banyak orang lakukan ketika lebaran tiba yaitu:MUDIK atau bisa dikatakan sebagai PULANG KAMPUNG.
Mudik merupakan salah satu trdisi masyarakat ketika lebaran tiba,dimana mereka akan pulang kekampung halaman mereka untuk melaksanakan lebaran bersama-sama dengan para sanak saudara.Itulah yang saya rasakan pada lebaran tahun ini yaitu tepatnya tiga hari sebelum lebaran saya dan keluarga berangkat MUDIK.Meskipun kampung halaman saya tidak begitu jauh namun saya bisa dikatakan jarang sekali pulang kampung barulah lebaran tahun ini saya dan kelurga saya pulang setelah sekian lama saya tidak pulang.
Setelah sekian lama berada diperjalanan akhirnya sampailah kami pada tempat tujuan kami,yaitu sebuah desa kecil yang jauh dari keramaian.Pada awalnya ada rasa tak percaya bahwa saya akan berlebaran didesa itu karena memang keadaannya jauh berbeda dengan tempat dimana saya tinggal.Sudahlah tanahnya lengket jika terkena hujan merah pula tetapi lama-kelamaan akhirnya saya dapat menjalani itu semua.O,iya hampir lupa nama desanya ialah DESA KUMAIN tepatnya didaerah TANDUN.
Singkat cerita lebaranpun akhirnya tiba,gema suara takbir terdengar disana-sini.Malam harinya saya sangat ingin ikut takbir keliling tetapi karena tidak diizinkan akhirnya dengan rasa sedikit kecewa sayapun hanya diam dirumah.Pagi harinya kami sekeluarga pergi kelapangan untuk melaksanakan sholat IDUL FITRI,itulah pertama kalinya saya sholat IDUL FITRI dilapangan karena biasanya didesa saya kami sholat dimasjid.Setelah selesai sholat kamipun pulang dan sesampainya dirumah saya pun melakukan sungkem kepada kedua orang tua saya dan kakek nenek saya setelah itu kami makan bersama kemudian kamipun bersilaturahmi dengan keluarga kami yang lain.
Mungkin itulah sedikit pengalaman saya ketika lebaran saya cukup senang karena lebaran tahun ini saya bisa merayakannya bersama sanak saudara saya selain itu juga rasa kekeluargaan yang timbul ketika lebaran sangatlah kental itu yang membuat saya tidak dapat melupakan lebaran tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar