Kamis, 03 September 2009

PEKAN KEBUDAYAAN KUANTAN SINGINGI

Pacu jalur merupakan salah satu kebudayaan yang ada diKABUPATEN KUANTAN SINGINGI yang penyelenggaraannya setiap satu tahun sekali yakni tepatnya pada bulan AGUSTUS.Mitos yang beredar jalur yang digunakan harus diganti setiap tahunnya dengan menggunakan kayu asli agar terhindar dari kesialan.Panjang jalur yang digunakan kurang lebih 20-40m,dengan jumlah orang yang mengendarainya sebanyak kurang lebih 20-50 orang.Peserta yang datang bukan hanya dari KABUPATEN KUANTAN SINGINGI saja melainkan juga dari daerah-daerah lain yang ada diPROVINSI RIAU.Dalam permainan pacu jalur ini dibutuhkan kekompakan dan kerjasama dari setiap pemainnya.
Menurut saya pacu jalur ini selain dapat dijadikan sebagai salah satu objek wisata juga dapat menambah anggaran daerah khususnya diKABUPATEN KUANTAN SINGINGI selain itu juga dapat menambah pendapatan para masyarakatnya karena dalam pacu jalur ini bukan hanya perlombaan pacu saja melainkan juga masyarakatnya menjual berbagai macam makanan khas daerah KABUPATEN KUANTAN SINGINGI dengan harga yang relatif murah bahkan para pedagangnya ada yang datang dari luar daerah KUANTAN SINGINGI.
Mungkin hanya ini yang dapat saya jabarkan,berhubung saya bukan merupakan masyarakat asli KUANTAN SINGINGI jadi saya kurang begitu paham mengenai hal tersebut,namun tidak bisa saya pungkiri rasa kekaguman saya terhadap pacu jalur ini meskipun setiap ada event tersebut saya jarang menyaksikannya,saya justru lebih tertarik untuk berkeliling dan berbelanja.Kedepannya saya berharap pacu jalur ini dapat terus dilestarikan agar mampu menjadi objek wisata yang banyak dikenal oleh masyarakat luar..cayyyyooooooooooooo terus untuk pacu jalur............!!!!!!!!!!!!!!!!!!!SEKIAN dari saya...........!!ditunggu ya kedatangan anda untuk menyaksikan pacu jalur ini pokoknya dijamin tidak akan menyesal dech..........!!!!!!!!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar